Komponen-komponen Sistem Suspensi
Salah satu fungsi sistem suspensi
adalah untuk meningkatkan kenyamanan dalam berkendara dengan cara
menyerap kejutan, oskilasi, atau getaran yang diterima dari permukaan
jalan. Suspensi terdiri dari 2 komponen utama yakni pegas dan shock
absorber, dimana kedua komponen tersebut selalu ada pada setiap sistem
suspensi. Suspensi juga terdiri dari beberapa komponen pendukung
lainnya, yang hanya terdapat pada model tertentu saja.
Berikut ini komponen-komponen sistem suspensi dan fungsinya :
1. Pegas (Spring)
Pegas berfungsi untuk menyerap kejutan yang diterima dari jalan dan
getaran pada roda-roda agar tidak sampai ke bodi. Pegas juga berfungsi
untuk meningkatkan kemampuan cangkeraman roda terhadap jalan. Lihat
lebih detai di artikel : Macam-macam Pegas pada Sistem Suspensi,
2. Shock Absorber (Peredam Kejut)
Shock absorber berfungsi untuk untuk meredam atau melawan oskilasi (gerak naik turun) yang disebapkan
pegas saat menyerap kejutan dari permukaan jalan. Lebih detai lagi : Shock Absorber (Shock Breaker) Pada Sistem Suspensi.
3. Ball Joint
Berfungsi untuk menerima beban vertikal maupun lateral dan berfungsi
juga sumbu putara pada saat kendaraan berbelok. Ball joint ada dua upper
ball joint dan lower ball joint.
Ball Joint |
4. Stabilizer Bar
Stabilizer Bar berfungsi untuk mengurangi traksi ban dan mengurangi
kemiringan kendaraan akibat gaya sentrifugal pada saat kendaraan
berbelok.
Stabilizer Bar |
5. Strut Bar
Berfungsi untuk menahan lower arm agar tidak bergerak maju dan mundur
pada saat menerima kejutan dari permukaan jalan yang tidak rata,
bergelombang atau dorongan akibat terjadinnya pengereman. Ujung strut
bar dipasang pada lower arm dan ujung lainnya diikatkan pada cross
member melalui bracket dan karet bantalan.
Strut Bar |
6. Lateral Control Rod
Berfungsi untuk menahan axle pada posisinya terhadap beban dari arah samping.
Lateral Control Rod |
7. Bumper
Bumper terdiri dari bounding dan rebounding bumper yang dipasangang
sebagai pelindung frame, axle, shock absorber, dan lain lain pada waktu
pegas mengerut dan mengembang di luar batas maximumnya sehingga tidak
terjadi kerusakan pada komponen komponen tersebut. Bounding bumper
bertugas pada saat kendaraan mengerut, dan rebounding bumper bertugas
pada saat kendaraan mengembang.
Bumper |
8. Lower arm
Berfungsi untuk menopang roda dan bodi kendaraan.
sumber : http://www.kitapunya.net/2014/12/komponen-komponen-sistem-suspensi.html
0 komentar:
Posting Komentar